Pada contoh soal pendagogik UKG 2015 dan Jawaban (Bag.2) telah ditulis soal berikut jawabannya, kali ini merupakan lanjutan soal pendagogik UKG 2015, sengaja contoh soal ukg saya bagi-bagi, agar tidak terlalu lama rekan Guru menscroll ke bawah. Oke berikut soal pendagogik berikutnya, dilengkapi jawaban pastinya.
1. Guru membentuk kelompok-kelompok belajar dan memberikan tugas kepada tiap kelompok. Setiap angota dari suatu kelompok memiliki tugas dan fungsi tertentu sehingga jika salah satu saja anggota kelompok tidak menjalankan tugasnya maka pekerjaan kelompok tersebut tidak dapat diselesaikan. Karakteristik dari strategi pembelajaran tersebut adalah....
a. tugas kelompok
b. diskusi kelompok kecil
c. pengajaran langsung (direct teaching).
d. belajar kooperatif (cooperatif learningi).
jawaban: d
2. Pada fase pertama guru menggarisbawahi bagian yang penting dengan membuat daftar fase kedua membuat hubungan materi baru dengan kata-kata, gambar dan gagasan-gagasan. Fase ketiga membuat hubungan dengan cara-cara yang menarik/lucu meski kadang sedikit berlebihan. Fase terakhir adalah latihannya. Strategi pembelajaran demikian adalah....
a. pengemas awal
b. memorasi
c. pencapaian konsep
d. berpikir induktif
jawaban: c
3. Pembelajaran dengan menyediakan contoh-contoh yang menunjukkan kesamaan-kesamaan atau perbedaan-perbedaaan agar siswa yang berhadapan dengan contoh-contoh tersebut dapat menemukan sendiri atau diberitahu oleh guru tentang setiap unsur dari contoh tersebut. Kemudian siswa merumuskan atau merumuskan kembali hipotesis tentang memaknai contoh tersebut dan setiap contoh itu akan menyajikan informasi tentang karakteristik dan nilai atributnya. Model/strategi pembelajaran tersebut adalah....
a. berpikir induktif
b. berpikir deduktif
c. pencapaian konsep
d. pengemas awal
jawaban: a
4. Individu bekerja sama dalam menganalisis permasalahan interpersonal dan mengembangkan cara-cara demokratis untuk menghadapi situasi tertentu. Ini semua merupakan ciri dari model/strategi pembelajaran....
a. bermain peran
b. investigasi kelompok
d. latihan laboratorium
d. penelitian yurisprudensial
jawaban: b
5. Salah satu model pembelajaran yang merupakan model pengolahan informasi adalah....
a. bermain peran
b. pemecahan masalah
c. memorasi (mengingat)
d. berfikir deduktif
jawaban: d
6. Kita menentukan kategori dan membentuk sesuatu yang dengan pasti memaknai fenomena. Kategori ini memungkinkan kita untuk mengelompokkan obyek-obyek dengan perbedaan-perbedaan yagn nyata berdasarkan karakteristik umum, serta mengurangi kerumitan kodisi lingkungan. Strategi tersebut dikenal dengan model....
a. berpikir induktif
b. berfikir deduktif
c. pencapaian konsep
d. pengemas awal
jawaban: b
7. Perhatikan pernyataan-pernyataan berikut:
1. Siswa dikondisikan harus menerima informasi kompleks dan menerapkannya ke situasi lain
2. Pembelajaran dikemas bukan menerima pengetahuan
3. Guru memfasilitasi menjadikan pengetahuan bermakna dan relevan bagi siswa
4. Guru memberikan kesempatan kepada siswa menerapkan strategi belajar yang disarankan
Pernyataan di atas yang merupakan karakteristik teori belajar konstrukvistik adalah....
a. 1, 2, dan 3
b. 1, 2, dan 4
c. 2, 3, dan 4
d. 2 dan 3
jawaban: c
8. Deni adalah seorang siswa berprestasi sehingga mendapat penghargaan/hadiah. Dampaknya Deni lebih rajin dan lebih bersemangat belajar. Gurunya mengutamakan CBSA, materi pelajaran disajikan berbentuk unit-unit kecil agar siswa hanya perlu memberikan suatu respon tertentu saja, respon yang ada diberi umpan balik agar siswa segera tahu hasilnya. PBM yang dilakukan guru tersebut dilandasi teori belajar....
a. behavioristik
b. konstruktivistik
c. humanisme
d. gestalt
jawaban: c
9. Guru melakukan pembelajaran dengan memberikan kebebasan yang luas kepada siswa untuk menentukan apa yang ingin ia pelajari sesuai sumber-sumber belajar yang tersedia atau dapat disediakan. Pernyataan ini merupakan ciri dari teori belajar.....
a. behavioristik
b. konstruktivistik
c. humanisme
d. gestalt
jawaban: b
10. Perhatikan pernyataan-pernyataan berikut:
1. Pembelajaran mengutamakan bagian-bagian kecil
2. Pembelajaran mementingkan pembentukan perangsang (simulus) dan respon
3. Pengetahuan itu ditemukan sendiri oleh siswa melalui pengalaman belajar mandiri
4. Siswa menentukan sendiri apa yang akan dipelajari
Dari pernyataan di atas yang merupakan karakteristik teori belajar tingkah laku (behavioristik) adalah....
a. 1 dan 2
b. 2 dan 3
c. 1 dan 3
d. 3 dan 4
jawaban: a
Contoh Soal Pendagogik UKG Terbaru dan Jawaban (Bag. 3)
Posted by
Momod ads.id
at
Maret 22, 2020
Tags :
#Bank Soal
#soal UKG Lengkap
Related : Contoh Soal Pendagogik UKG Terbaru dan Jawaban (Bag. 3)
Contoh Soal PG Biologi Kelas XI Semester 2 Kurikulum 2013 Beserta JawabanContoh Soal PG Biologi Kelas XI Semester 2 Kurikulum 2013 Beserta Jawaban berisikan materi soal biologi semester genap kelas 11, yang diambil dari Bab 1, "Struktur dan F ...
Contoh Soal PAI Kelas 10 Semester 2 Beserta Jawabannya Pilihan Ganda (Part-7)Berisikan materi tentang "Perbuatan Zina", Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti Kurikulum 2013 untuk siswa SMA/MA/SMK/MAK/Sederajat bagian ke-7 merupakan lanjutan&nbs ...
Contoh Soal UKG Akuntansi SMK Terbaru dan Kunci JawabanBagi anda yang mengajar SMK untuk mata pelajaran Akuntansi, berikut beberapa soal dan jawaban UKG akuntansi, yang bisa dipelajari sebagai media pembelajaran.. 1. Penila ...
Contoh Soal PAI Kelas 10 Semester 2 Beserta Jawabannya Pilihan Ganda (Part-4)Berisikan materi soal pendidikan agama Islam dan budi pekerti Kurikulum 2013 tentang Dakwah Rasulullah di Madinah, PG bagian keempat merupakan lanjutan dari Contoh ...
Contoh Soal Geografi Kelas X Semester 1 Beserta Jawaban Kurikulum 2013 (PG) Part-6Melanjutkan tulisan Contoh Soal Geografi Kelas X Semester 1 Beserta Jawaban Kurikulum 2013 (PG) bagian kelima (soal nomor 51-65), pilihan ganda bagian keenam dimula ...
Next
« Prev Post
« Prev Post
Previous
Next Post »
Next Post »